Jembatan Inuman Kabupaten Kuansing

Jembatan yang memiliki panjang 340 meter dan lebar 7 meter berada di jembatan Pangean di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Jembatan ini menjadi penghubung warga setempat untuk menuju desa seberang ataupun menuju Kota Taluk Kuantan.

Sebelum adanya jembatan ini, warga yang ingin ke desa-desa seperti, desa Pulau Tengah, seberang desa padang tanggung, desa Teluk Pauh, Padang Tunik, desa Pembatang, desa Tanah Pekali, desa Pulau Deras, dan desa-desa lainnya, harus menyeberangi Sungai Kuantan, dengan menggunakan Kompang (perahu rakit ditarik dengan menggunakan tali).

Untuk sekali menyeberang warga harus membayar Rp1000. Belum lagi kendaraan roda dua yang harus membayar Rp5000 untuk sekali menyeberang. Sedangkan untuk roda empat sama sekali tidak bisa masuk ke desa meraka. Butuh waktu 15 menit untuk menyebrang dengan menggunakan Kompang.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dalam acara peresmian jembatan, Selasa (18/4), mengatakan dalam sambutannya, target Pemerintah Provinsi Riau untuk menghilangkan daerah terisolir di seluruh wilayah Riau, terus digesa, dengan membanguan infrastruktur berupa jalan dan Jembatan.

“Pemprov Riau, sangat memperhatikan Kuansing, dan sekarang ada dua jembatan yang menghubungi dua kecamatan dan desa-desa sebrang sungai. Jembatan yang diresmikan di Pangean ini menghambiskan anggaran sebesar Rp 48 miliar. Sedangkan Jembatan Iniman Rp33 miliar. Saya berharap dua jembatan ini bisa dijaga dengan baik,” ucap Gubri yang disambut tepuk tangan meriah dari warga Pangean.

Lebih jauh dikatakan Gubri, sejauh ini dengan dibangunnya infrasatruktur jembatan bagi daerah terisolir di wilayah Riau, sudah menghubungkan desa-desa, dan ada peningkatan serta kemakmuran bagi masyarakat. Perekonomian meningkat, dengan berjalan normalnya roda perekonomian di desa-desa.

“Jembatan menghubungkan desa-desa di Kuansing, ada peningkatan dan kemakmuran masyarakat. Untuk 2017 ini, masi ada Rp125 miliar lagi bankeu yang akan diserahkan ke Kuansing. Diantaranya untuk pendidikan dan kesehatan yang ditangani Provinsi, dalam rangka membangun daerah untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Gubri.

Terpisah, Bupati Kuansing, Mursini, mengatakan, ada 11 Kecamatan di Kuansing ini dan dipisahkan oleh Sungai-sungai. Dengan adanya bantuan dari Provinsi untuk infrastruktur, meringankan daerah untuk membantu masyarakat.

“Jembatan ini menghubungkan beberapa desa, keinginan dan impian masyarakat saat ini telah terwujud. Jembatan ini memperpendek wilayah yang berada di seberang sungai kuantan. Masyarakat dan pemerintah akan merawat dan pelihara jembatan, sehingga dapat membantu memperlancar arus, dan meningktakan perekonomian,” kata Mursini.

PT. RATA GILANG AMZARI

Contracting And Trading Company For Steel Fabrication And Construction.
 
Specialties Engineering Steel Construction And Fabrication

Product & services
  • Transportation and erection
  • Maintenance and repair
  • Modular/truss bridge
  • Girder composite bridge
  • Arch bridge
  • Panel bailey bridge
Contact

Jl. Raya Bantar Gebang Setu. Kel. Padurenan Kec. Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat 17156

Phone: 021 – 8550 4230
Mobile: 0812-8629-1034
Email: info@ratagilangamzari.com